0

Washington, Berita Metropolitan – Kiprah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam menjaga ekosistem laut diakui oleh dunia. Susi pun mendapatkan penghargaan Leaders for a Living Planet dari World Wildlife Fund (WWF).




Penghargaan itu diberikan langsung kepada Susi di kantor WWF pusat di Washington DC, Jumat (16/9/16) siang waktu setempat. Susi memang tengah berada di Washington DC untuk menghadiri konferensi dua hari, Our Ocean Conference 2016 di Department of State AS.

Penghargaan diberikan langsung oleh Presiden WWF Internasional Yolanda Kakabadse. Dalam sambutannya, Kakabadse menyatakan WWF selama ini telah memantau kiprah Susi dalam 1,5 tahun terakhir.

WWF menekankan peran Susi dalam pemberantasan illegal fishing, dan perlawanan terhadap Unregulated and Unreported Fishing (IUUF).

“Menteri Susi memiliki semangat yang nyata dalam melestarikan lingkungan, terutama dalam memberantas penangkapan ikan secara ilegal. Tak banyak orang yang bisa melakukan langkah seperti ini,” kata Kakabadse.

Susi mengapresiasi penghargaan lingkungan ini. Dia merasa tidak sendiri dalam menjaga kelestarian ekosistem laut.

Susi menyampaikan bahwa tugasnya masih belum selesai. Masih banyak persoalan terkait kelautan yang ada di Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini Menlu Australia Julie Bishop. Namun Bishop dalam acara ini tidak menerima penghargaan seperti Susi, melainkan memberikan pidato mengenai proteksi terhadap ekosistem bawah laut.

Penghargaan Leaders for a Living Planet diberikan oleh World Wildlife Fund (WWF) Internasional kepada perseorangan yang menunjukkan komitmen dan upaya yang luar biasa dalam penyelamatan planet bumi dan sumber daya alam untuk menjamin pemanfaatan yang berkelanjutan serta menginspirasi orang/pihak lain untuk berbuat yang sama dengannya. 

Perseorangan tersebut dapat berasal dari pemimpin di pemerintahan, swasta, atau organisasi kemasyarakatan. Sejak tahun 2000 hingga saat ini hampir 100 orang pemimpin di dunia dari berbagai organisasi telah memperoleh anugrah ini. [src/detik.com]

Source link



Posting Komentar

 
Top