0



Berita Metropolitan – Biaya dari pembangunan toilet yang ada di Lapangan Andi Makkasau, Kota Parepare, Sulawesi Selatan menuai kontroversi.


Hal tersebut lantaran biaya dari pembangunan toilet itu sangatlah tidak masuk akal yaitu mencapai Rp 700 juta per-toiletnya.


“Pembangunan toilet dengan anggaran Rp 700 juta itu kami nilai sebagai pemborosan anggaran. Untuk nilai Rp 700 juta, kami bisa membangun rumah berlantai tiga dengan empat atau lima toilet di dalamnya,” jelas Ketua LSM Mahatida Anti Korupsi, Rudi Najamuddin dikutip Berita Metropolitan.


Toilet Umum Bawah Tanah.

Toilet Umum Bawah Tanah.

Rudi menjelaskan bahwa Pemkot Parepare tak hanya bakal membangun toilet di Lapangan Andi Makkasau, namun juga bakal membangun toilet di Pare Beach yang berlokasi di Pantai Senggol, Kota Parepare, Sulses dengan nilainya yang tak kalah fantastis yaitu Rp 650 juta.



“Terlebih lagi kami juga menemukan pembangunan toilet yang ada di Pare Beach senilai Rp 650 juta. Jadi Pemkot Parepare membangun dua toilet dengan total anggaran Rp 1,3 milliar, boros kan,“ jelas Rudi.



Pembangunan Toilet Umum Bawah Tanah.

Pembangunan Toilet Umum Bawah Tanah.

Pejabat Pembuat Komitmen, Sukriyadi menuturkan kalau proyek pembangunan toilet umum itu menjadi sangat mahal karena dibangun di bawah tanah.



Oleh karena itulah untuk biaya pembangunannya menjadi bengkak hingga Rp 700 juta untuk satu toiletnya.


Selain itu, toilet itu juga termasuk toilet yang canggih karena menggunakan sanitasi serta mesin pemompa air yang nantinya bakal ditanam di dalam tanah.


“Selain itu, di atas toilet nantinya berfungsi sebagai panggung hiburan untuk kepentingan masyarakat Parepare,“ jelasnya lagi.


 


Penulis: Yongki






Posting Komentar

 
Top