0




Berita Metropolitan.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta PT Pelindo I untuk membenahi pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Khususnya terkait waktu bongkar muat pelabuhan atau dwell time, yang sekarang mencapai 7-8 hari.



Begitu juga dengan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, yang dikelola Pelindo III.



“Saya minta Tanjung Perak, Belawan, semuanya dwelling time harus diperbaiki. Di Belawan masih 7-8 hari. Jangan sampai masih 7-8 hari. Mau bersaing kayak apa kalau kita masih 7-8 hari,” terang Jokowi, peresmian Pengoperasian Terminal Petikemas Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (13/9/2016).



Jokowi menilai, masih maraknya aktivitas pungutan liar (pungli) yang terjadi di kedua pelabuhan tersebut, menjadi biang keladi lambatnya pelayanan di dalam negeri, terutama pelabuhan.



“Di Belawan coba, cara main-main seperti itu sudah tidak bisa lagi. Ada 8 crane, yang dijalankan hanya 1 crane untuk tawar menawar saja. Tidak bisa seperti ini,” ujarnya.



Dwell time berhasil diturunkan cukup signifikan di pelabuhan Tanjung Priok. Seharusnya hal yang sama bisa terjadi di Belawan, maupun Tanjung Perak.



“Kalau di sini bisa 3,2 hari di sana juga harus bisa. Cara-cara seperti itu masih diteruskan, ditinggal betul kita. Negara lain memperbaiki, kita masih 7-8 hari,” ungkap Jokowi. (Sumber: detik.com).



Source link



Posting Komentar

 
Top