0











Beritateratas.com - Pentolan grup Dewa, Ahmad Dhani kembalk menyerang relawan Teman Ahok menjelang Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 mendatang. Kali ini Dhani meminta agar Teman Ahok membayar utang negara yang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo.


"Kumpulkan sejuta KTP Teman Jokowi dan Teman Ahok...2019...Mereka yang bayar utang Negara...ADP," tulis Dhani melalui akun twitter pribadinya, @AHMADDHANIPRAST, Senin (11/7).







Ahmad Dhani juga menyindir kepada para pendukung Jokowi dalam Pilpres 2014 lalu dengan mengatakan, "Selamat hari Raya Utang kepada pendukung jokowi dan Teman Ahok."



Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro seperti dikutip dari tribunnews.com mengatakan, pemerintah terpaksa menutup kebutuhan pertumbuhan ekonomi melalui utang, karena booming harga komoditas sudah berakhir pada 2013.



Untuk diketahui, Hingga akhir Maret 2016 utang pemerintah sudah mencapai Rp 3.271,82 triliun. Total utang tersebut merupakan akumulasi sejak pemerintahan zaman orde baru.


"Utang Rp 3.200-an triliun itu sudah dari dulu. Sejak zaman berutang, tepatnya saat awal orde baru," ungkap Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dalam rapat kerja dengan Komisi XI, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (23/5/2016).


Utang terus bertambah, seiring dengan kebutuhan belanja yang diperlukan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi Bambang memastikan utang yang ditarik saat ini tidak bersifat mengikat.


"Mungkin kalau masa lalu kan ada yang mengikat. Tapi saya bisa yakinkan sekarang dari multilateral dan bilateral itu tidak ada yang mengikat. Jadi tidak ada kesepakatan kontraktor harus dari pemberi utang, artinya bisa ditentukan sendiri oleh pemerintah Indonesia. Kecuali dalam utang untuk pembelian alutsista," paparnya.


Posisi utang sekarang masih dalam batas yang aman. Rasio utang mencapai 27% terhadap PDB, atau lebih rendah dari kebanyakan negara. Batas yang mengkhawatirkan bagi Indonesia adalah 60% terhadap PDB.


Setiap tahunnya, tambahan utang dalam APBN juga dibatasi 3% dari PDB. "Utang tetap dijaga dalam koridor yang aman. Untungnya dalam UU keuangan negara diatur defisit dibatasi 3%, kemudian diatur batasan debt to GDP adalah 60%," pungkasnya.

Jadi, apa dasar Ahmad Dhani koar - koar tentang hutang? menurut anda?




Penulis: Dian Ariyani













Posting Komentar

 
Top