0



PNS dan Pegawai Mendikbud menggelar perpisahan dengan Menteri Anies Baswedan. Photo Detik.com

Berita Metropolitan.com, Nasional – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menggelar perpisahan untuk ‘melepas’ Anies Baswedan yang tak lagi menjabat Mendikbud. Anies memberikan pesan perpisahan dengan suara bergetar.

Perpisahan diagendakan berlangsung pada pukul 15.00 WIB. Anies tampak memasuki panggung perpisahan pukul 15.25 WIB didampingi istri dan keempat anaknya. Anis Baswedan disambut tepuk tangan oleh seluruh tamu yang hadir dalam acara itu.


“Saya di sini bersama anak-anak, kebetulan sudah di luar jam sekolah. Jadi tidak bolos Insya Allah,” kata Anies dalam pidatonya di Gedung A Kemendikbud, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (27/7/2016).


Puluhan PNS Kemendikbud mulai memenuhi tempat perpisahan digelar. Tampak juga Dirjen Tenaga Pendidik Kemendikbud Sumarna Surapranata dan Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid.


“Hari ini, tepat tanggal 27 Juli 2016, tugas saya telah dicukupkan. Saya pertama bekerja di sini pada 27 oktober 2014, 20 bulan kemudian tugas saya selesai,” ujar Anies.


Anies kemudian menceritakan suka duka selama menjadi Mendikbud. Dia juga sempat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada ‘pendampingnya’ selama menjabat. Mulai dari staf, supir pribadi, patwal hingga petugas dapur Kemendikbud.


“Kalau saya kerja 16 jam, mereka 20 jam. Terimakasih, saya tidak lebih dari menjalankan amanat. Tugas amanat itu sudah selesai,” ungkap Anies.


“Di ruangan tadi anak saya bilang, saya nanti akan kehilangan staf, teman-teman yang sangat bersahabat. Karena bekerja di sini lebih dari profesi tapi ada ikatan hati,” imbuhnya dengan suara bergetar.


Dia mengakhiri pidatonya dengan haru dan menyampaikan kata pamitan yang menyentuh. “Izinkan kami, saya, istri saya, anak-anak saya, pamit. Izinkan kami melanjutkan ikhtiar kami di luar kementerian,” kata Anies yang membuat suasana menjadi haru.


Anies Baswedan Meninggalkan Pesan Resmi Terakhirnya di Kemendikbud
Selain acara perpisahan dengan PNS Kemendikbud, mantan Anies Baswedan menulis surat terakhir sebagai menteri untuk para guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan.


Dalam suratnya Anies Baswedan menyampaikan harapan besar dan menitipkan amanah besar generasi bangsa kepada mereka.


Selengkapnya, ini pesan menteri Anis Baswedan di akhir jabatannya sebagai menteri Pendidikan dan Kebudayaan.




Surat Terakhir Menteri Anies Baswedan sebagai Mendikbud

(Detik.com/BN-001)


Source link



Posting Komentar

 
Top