0

Medan, Berita Metropolitan – Anggota DPD/MPR RI Parlindungan Purba, SH, MM mengingatkan pentinganya wawasan nusantara bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.



Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Hal ini disampaikannya dihadapan para dosen, pegawai dan mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia 17 Juni 2016 di Ruangan Ign. Wasington Purba Hall.

“Kita perlu memahami wawasan nusantara sehingga cara berpikir kita tidak sempit dalam berbangsa dan bernegara,” kata Parlindungan Purba.

Menurut anggota DPD asal Sumut ini banyaknya kekerasan yang mengatasnamakan agama oleh sebagian warga negara disebabkan karena orang yang bersangkutan tidak memahami wawasan nusantara. 

“Orang yang memahami wawasan nusantara tidak akan melakukan kekerasan atas nama perbedaan ras, suku dan agama karena orang yang memahami wawasan nusantara sadar bahwa negara Indonesia ini terdiri dari beragam adat, suku, agama dan budaya serta berlandaskan Pancasila,” jelasnya.

Mayor Mukidi, SE, SH, MH yang juga hadir sebagai pembicara mengingatkan para peserta yang hadir tentang pentingnya wawasan nusantara. Mayor ini mengatakan dengan pemahaman wawasan nusantara yang baik maka para mahasiswa sebagai generasi muda bisa menghadapi proxy war.

“Yang kita hadapi saat ini adalah proxy war, perang perebutan energi, makanan dan air. Dan penangkal yang baik adalah wawasan nusantara,” kata Mukidi. “Proxy war, tanpa senjata, tidak nyata tapi ada, memiliki dampak yang sangat dahsyat,” lanjutnya.

Sementara Drs. Antoni Silalahi, S.Sos, M.Pd mengatakan tentang pentingnya pendidikan atau sosialisasi wawasan nusantara bagi warga negara sehingga para mahasiswa dan warga negara lainnya memiliki pemahaman yang baik tentang bangsa dan negaranya. 

“Pendidikan wawasan nusantara ini sangat perlu bagi masyarakat agar para masyarakat ini dapat menjadi warga negara yang baik,” tuturnya. [RED]

Source link



Posting Komentar

 
Top