0



Berita Metropolitan – Warna merah putih di podium Presiden pada waktu upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ternyata bukan hal baru yang digunakan pada tahun ini saja.


Kabag Umum Kerja Sama Kemendikbud, Wawan Yogaswara menyatakan bahwa format podium yang seperti itu sudah berlangsung sejak era Soeharto.


Ia menilai bahwa komentar dari seorang politisi Demokrat, Roy Suryo yang mempertanyakan soal podium merah putih yang dipakai Presiden Jokowi itu cukup aneh.


Podium Jokowi.

Podium Jokowi.

“Sejak zaman Pak Harto, podiumnya memang warna merah putih, tapi baru kali ini diprotes,” tegasnya dikutip Berita Metropolitan.



Wawan menjelaskan bahwa publik bisa melihat sendiri tentang dokumentasi peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang telah didokumentasikan setiap era pemerintahan.


“Kami punya dokumentasinya, lengkap. Dari zaman Pak Harto, Habibie, Megawati, sampai Pak Jokowi yang tahun lalu,” ungkap Wawan.




Ia tak mengetahui secara pasti dasar untuk warna perah putih di podium karena hanya meneruskan kebiasaan yang sebelumnya dilakukan.


Tetapi, Ia menegaskan soal kain dan karpet yang berwarna merah putih di podium tersebut bukan termasuk ke dalam kategori bendera pusaka.


“Memang jika dilihat seperti bendera Merah Putih, tapi sebenarnya Presiden berpijak pada karpet merah. Hanya di bawah karpet merah itu kami lapisi dengan kain putih yang lebar,” ucap Wawan.


 


 


Penulis: Yulia






Posting Komentar

 
Top