0



Berita Metropolitan – Presiden Jokowi telah meresmikan Masjid Agung Oesman Al-Khair yang berlokasi di Kecamatan Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat.


“Masjid yang sangat megah, yang sangat besar, masjid Oesman Al Khair, masjid terapung yang kalau kita lihat ke arah laut sangat indah, sangat megah sekali. Alhamdulillah,” ujar Jokowi dikutip Berita Metropolitan dari laman YouTube.


Sebelum melakukan peninjauan terhadap masjid tersebut, Jokowi juga menandatangani batu prastasti untuk peresmian masjid tersebut.


Jokowi Resmikan Masjid.

Jokowi Resmikan Masjid.

Masjid yang dapat menampung sekitar 3.000 jamaah itu mengadopsi arsitektur masjid yang ada di Timur Tengah.




Bupati Kayong Utara, Bildi Hamid menuturkan bahwa masjid itu dimaksudkan untuk replika masjid di Jeddah.


“Masjid di atas air seperti di yang ada di Laut Mati,” terangnya.



Bupati Hildi menjelaskan bahwa pengukir kaligrafi di masjid itu adalah Imam Masjid Agung, Yogyakarta.


Masjid yang bisa dibilang super megah ini dibangun selama 5 tahun dan sudah menelan biaya sekitar Rp 38 miliar.


“Dulu di situ ada namanya Masjid Al-Qudsy, kemudian masyarakat punya ingin membesarkan masjid supaya jadi masjid agung. Lalu Pak Oesman Sapta Oedang berbaik hati menghibahkan lahan serta memberi bantuan dana pembangunan masjid hingga Rp11 miliaran, makanya kami memberi nama masjid sebagai masjid kebaikan hati Pak Oesman atau Oesman Al-Khair,” ungkapnya.


“Kalau menurut saya, ini akan menjadi ikon destinasi wisata religi di Kayong Utara. Jadi kawasan wisata keagamaan. Karena saya lihat di Malaysia itu ada. Saya pikir ini juga akan jadi menarik, apalagi posisi masjid di atas laut,” sambungnya.



Penulis: Raka






Posting Komentar

 
Top